Skip to main content

Sejarah Singkat Palestina

Palestina adalah wilayah dengan tanah yg cukup  kecil - sekitar 2.400 mil persegi - yang telah memainkan peran penting dalam sejarah kuno dan modern di Timur Tengah. Usaha penuh peperangan untuk mengendalikan tanah ini telah banyak menentukan sejarah Palestina, menjadikannya lokasi konflik politik yang konstan. Orang-orang Arab yang menyebut wilayah ini rumah dikenal sebagai orang Palestina, dan rakyat Palestina memiliki keinginan kuat untuk menciptakan negara merdeka dan merdeka di wilayah yang diperebutkan di dunia yang dianggap sakral oleh banyak kelompok. termasuk diantaranya abraham religion 


                                                 





Palestina


Sampai tahun 1948, Palestina biasanya mengacu pada wilayah geografis yang terletak di antara Laut Tengah dan Sungai Yordan. Orang-orang Arab yang menyebut wilayah ini dikenal sebagai warga Palestina. Sebagian besar tanah ini sekarang dianggap Israel 
Saat ini, Palestina secara teoritis mencakup Tepi Barat (sebuah wilayah yang memisahkan Israel dan Yordania modern) dan Jalur Gaza (tanah yang berbatasan dengan Israel modern dan Mesir). Namun, kontrol atas wilayah ini adalah situasi yang kompleks dan berkembang. Perbatasannya tidak diatur secara formal, dan banyak wilayah yang diklaim oleh orang-orang Palestina telah diduduki oleh orang-orang Israel selama bertahun-tahun.

Lebih dari 135 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa mengakui Palestina sebagai negara merdeka, namun Israel dan beberapa negara lain, termasuk Amerika Serikat, tidak membuat perbedaan ini.
Sejarah awal palestine
Para ilmuwan percaya bahwa nama "Palestina" berasal dari kata "Filistin", yang merujuk pada orang-orang Filistin yang menduduki sebagian wilayah tersebut pada abad ke-12 SM.
Sepanjang sejarah, Palestina telah diperintah oleh banyak kelompok, termasuk  the Assyrians, Babylonians, Persians, GreeksRomans, Arabs, Fatimids, Seljuk Turks, CrusadersEgyptians, Mamelukes and Islamists.
Dari sekitar tahun 1517 sampai 1917, Kekaisaran Ottoman memerintah sebagian besar wilayah ini.
Ketika Perang Dunia I berakhir pada tahun 1918, Inggris menguasai Palestina. Liga Bangsa-Bangsa mengeluarkan sebuah mandat Inggris untuk Palestina - sebuah dokumen yang memberi Inggris tanggung jawab untuk mendirikan sebuah tanah air Yahudi di Palestina - yang mulai berlaku pada tahun 1923.

Pada tahun 1947, Perserikatan Bangsa - Bangsa mengusulkan sebuah rencana untuk membagi Palestina menjadi dua bagian: sebuah negara Yahudi yang independen dan sebuah negara Arab yang merdeka, dengan Yerusalemsebagai wilayah internasional. dikarenakan Yerusalem merupakan kota suci untuk tiga agama(abraham religion)
Para pemimpin Yahudi menerima rencana tersebut, namun banyak orang Arab Palestina dengan keras menentangnya.
Kelompok-kelompok Arab berpendapat bahwa mereka mewakili mayoritas penduduk di daerah tertentu dan harus diberi wilayah yang lebih luas. Mereka mulai membentuk tentara relawan di seluruh Palestina.

ISRAEL MENJADI NEGARA
Pada bulan Mei 1948, kurang dari setahun setelah Pemisahan Palestina diperkenalkan, Inggris menarik diri dari Palestina dan Israel menjadi negara merdeka.
Perkiraan memperkirakan antara 700.000 hingga 900.000 orang Palestina melarikan diri atau terpaksa meninggalkan rumah mereka.
Hampir segera, perang pecah antara orang Yahudi dan Arab di wilayah tersebut. Perang Arab-Israel tahun 1948 melibatkan Israel dan lima negara Arab - Yordania, Irak, Suriah , Mesir dan Lebanon.
Konflik ini menandai awal tahun konflik kekerasan antara orang Arab dan Israel.
Lahirnya PLO 
 Palestine Liberation Organization (PLO)

Pada tahun 1964,
 Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dibentuk untuk menciptakan sebuah platform untuk membangun sebuah rencana bagi sebuah negara Palestina di dalam wilayah Israel.
PLO juga muncul sebagai respon terhadap Zionisme , sebuah gerakan terorganisir untuk membangun kembali sebuah tanah air Yahudi di Israel. Pada tahun-tahun setelah dimulainya, PLO menjadi terkait dengan ekstremisme dan kekerasan.
Pada tahun 1969, pemimpin Palestina yang terkenal Yasser Arafat menjadi Ketua PLO dan memegang gelar tersebut sampai dia meninggal pada tahun 2004.

THE SIX-DAY WAR

Israel menyerang Mesir, Yordania dan Suriah antara 5 Juni dan 10 Juni 1967. Konflik singkat ini, yang kemudian dikenal sebagai
 The Six-Day War , menghasilkan keuntungan besar bagi Israel.
Setelah perang, Israel menguasai Jalur Gaza, Tepi Barat, Semenanjung Sinai (wilayah gurun yang terletak di antara Laut Tengah dan Laut Merah) dan Dataran Tinggi Golan (sebuah dataran berbatu yang terletak di antara Syria dan Israel modern).
Hasil dari perang ini menyebabkan lebih banyak pertempuran yang berlanjut selama beberapa dekade.
Pada tahun 1987, Invasi Pertama pecah. Konflik ini dipicu oleh pendudukan Israel atas Gaza dan Tepi Barat.Kelompok milisi Palestina memberontak, dan ratusan orang terbunuh.
Proses perdamaian selanjutnya, yang dikenal dengan Persetujuan Damai Oslo, diusulkan untuk mengakhiri kekerasan yang sedang berlangsung.
Kesepakatan Oslo pertama (Oslo I) menciptakan sebuah jadwal untuk proses perdamaian Timur Tengah dan sebuah rencana untuk sebuah pemerintahan sementara Palestina di beberapa bagian di Gaza dan Tepi Barat.Kesepakatan tersebut ditandatangani pada tahun 1993 dan disaksikan oleh Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin dan pemimpin Palestina Yasser Arafat.
Arafat kembali ke Gaza pada tahun 1994 setelah diasingkan selama 27 tahun. Dia memimpin Otoritas Palestina yang baru dibentuk.
Pada tahun 1995, Oslo II menyerukan penarikan lengkap pasukan Israel dari wilayah Tepi Barat dan wilayah lainnya. Ini juga menetapkan jadwal pemilihan Dewan Legislatif Palestina.
Pada bulan September 2000, Invasi Palestina Kedua dimulai. Salah satu pemicu kekerasan adalah ketika Ariel Sharon, yang kemudian menjadi Perdana Menteri Israel, mengunjungi Masjid al-Aqsa di Yerusalem. Banyak orang Palestina merasa ini adalah tindakan ofensif, dan mereka memprotes.
Kerusuhan, bom bunuh diri dan serangan lainnya kemudian meletus, mengakhiri proses perdamaian yang menjanjikan.
Periode kekerasan antara Palestina dan Israel berlangsung hampir lima tahun ini. Pada tahun 2005, tentara Israel mengundurkan diri dari Gaza.
Pada tahun 2006, Hamas, sebuah kelompok militan Sunni, memenangkan pemilihan legislatif Palestina.
Pada tahun yang sama, pertempuran antara Hamas dan Fatah, kelompok politik yang mengendalikan PLO, terjadi.Pada tahun 2007, Hamas mengalahkan Fatah dalam pertempuran untuk Gaza.
Banyak negara menganggap Hamas sebagai organisasi teroris. Kelompok tersebut telah melakukan pemboman bunuh diri dan berulang kali menyerukan penghancuran Israel.
Hamas dan Israel bertengkar satu sama lain dalam beberapa perang berdarah, termasuk Operation Cast Lead pada bulan Desember 2008, Operation Pillar of Defense pada bulan November 2012 dan Operation Protective Edge pada bulan Juli 2014.
Pada bulan April 2014, Hamas dan Fatah menyetujui sebuah kesepakatan yang akan membentuk pemerintah nasional Palestina yang bersatu.
Warga Palestina masih berjuang untuk sebuah negara resmi yang secara resmi diakui oleh semua negara.
Meskipun orang-orang Palestina menempati wilayah-wilayah penting di tanah, termasuk Tepi Barat dan jalur Gaza, populasi besar orang-orang Israel terus menetap di lokasi-lokasi ini. Banyak kelompok hak asasi internasional menganggap permukiman ini ilegal, perbatasannya tidak didefinisikan secara jelas, dan konflik terus-menerus menjadi berkelajutan.
Pada bulan Mei 2017, para pemimpin Hamas mengajukan sebuah dokumen yang mengusulkan pembentukan sebuah negara Palestina dengan menggunakan perbatasan yang ditetapkan tahun 1967, dengan Yerusalem sebagai ibukotanya. Namun, kelompok tersebut menolak untuk mengakui Israel sebagai sebuah negara, dan pemerintah Israel segera menolak rencana tersebut.
Meskipun begitu banyak sejarah Palestina telah melibatkan pertumpahan darah, pemindahan, dan ketidakstabilan, banyak pemimpin dunia bekerja keras menuju sebuah resolusi yang akan menghasilkan perdamaian di seluruh wilayah ini.

Palestine. Ancient History Encyclopedia.
What is Palestine and Palestinians? Israel Science and Technology Directory.
Everything you need to know about Israel-Palestine. Vox.com.
Map: The countries that recognize Palestine as a state. Washington Post.
UN Partition Plan. BBC News.
The Palestinian Liberation Organisation. The History Learning Site.
Timeline: History of a Revolution. Al Jazeera.
Hamas accepts Palestinian state with 1967 borders. Al Jazeera.
Palestine Liberation Organization. Oxford Islamic Studies Online.
Oslo Accords Fast Facts. CNN.
Profile: Hamas Palestinian movement. BBC News.
History palestine :
 history.com

Comments

  1. Saya hanya bisa prihatin, yang saya tahu Palestina itu selalu di jajah oleh Israel, entah sampai kapan keadaan ini akan berakhir dengan damai...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas maman, dengar nama palestin pasti langsung terbayang deritanya dijajah oleh Israel :(

      Delete
    2. keadaan berahir ketika kedua negara setuju satu sama lain. dan saling mengakui keberadaan negara nya
      tapi yah ntah kapan

      Delete
  2. Sedih sekali mengingat kondisi mereka di sana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. beruntunglah kita yg tinggal di negeri yg damai seperti indonesia yah

      Delete
  3. Prihatin sama Palestina wilayahnya Makin Sempit....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah kalo liat di peta semakin sempit , belum lagi negaranya terisolasi dari dunia luar

      Delete
  4. Aku selalu sedih kl denger negara palestina.. Huhu

    ReplyDelete
  5. kapan ya Palestina bisa Merdeka?

    ReplyDelete
  6. Selain istilah Al-Quds, Holy Land, dll, daerah ini juga disebut dengan Tanah Konflik. Gak heran sih, 3 agama besar punya kepentingan di sini. Sejak dahulu kala. Kita mungkin gak bisa langsung memberikan bantuan. Tapi kalau ada galang dana, bolehlah sisihkan sedikit. Kalau lagi ibadah, bolehlah sisihkan doa barang sejenak. Hmmm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahkan kota yerusalem sendiri sudah 2kali diserangkan untuk tanah yg dijanjikan itu .
      iyah Doa

      Delete

Post a Comment

Terima kasih telah membaca tulisan ini. Berkomentarlah karena ingin, bukan cuma basa-basi biar dianggap udah blogwalking.

Quote :Yoga Akbar Sholihin

Popular posts from this blog

5 Ex - Member AKB48 Yang Jadi Bintang Jav (Profil)

Sedikit mengecewakan sih memang , kalau idolamu malah terjun ke dunia jav , tapi memang banyak faktor yg menyebabkan ini , mungkin salah satunya karna bayaran yg lebih tinggi dari pada harus jadi idol grup , atau mungkin karna banyaknya member yg ngebuat persaingan semakin ketat , alhasil ada beberapa member yg tidak mendapatkan tempat yg dia inginkan , seperti ada dinding yg cukup tinggi di depan member member idol ini , ada ratusan member yang berada 48 grup , dan ngga mungkin semuanya bisa berada di depan , banyak yg sudah menyerah akan hal ini , bahkan malah banting stir buat jadi bintang porno dijepang , jadi siapa saja kah mantan member  AKB48 yang terjun menjadi bintang Jav ? ini dia daftarnya saya kasih 5( lima ) saja yah :

Rekomendasi 20 Film Fantasi Terbaik Sepanjang Masa

Film fantasi adalah film-film yang masuk dalam genre fantasi dengan tema-tema fantastik, yang biasanya melibatkan sihir, peristiwa-peristiwa supranatural, mitologi, cerita rakyat, atau dunia-dunia fantasi yang eksotis. Genre tersebut dianggap merupakan bentuk dari fiksi spekulatif bersama dengan film fiksi ilmiah dan film horor. Film-film fantasi sering memiliki sebuah unsur dari sihir, mitos, keajaiban, eskapisme, dan ke-luar biasa-an Untuk masuk ke daftar ini, harus ada semacam elemen magis yang ditambahkan ke cerita, atau dunia yang sama sekali baru yang dibuat hanya untuk film.  Jika ada troll, naga, atau penyihir jahat yang terlibat - atau bahkan ketiganya - maka semuanya akan lebih baik. Ini Hanya sedikit dari film fantasi yang ada dan telah tayang , tapi menurut saya ke 20 puluh film ini adalah yang terbaik senjang masa , film apa saja itu ?

8 Aplikasi Penyimpanan Cloud Terbaik 2019

Terlepas dari kapasitas memori yang ditawarkan perangkat seluler, sangat tidak mungkin untuk menyimpan semua data. Saat saya mengambil banyak gambar, video, dan menyimpan file dari berbagai format file yang memakan banyak ruang. Setelah ruang penyimpanan menumpuk secara otomatis itu mempengaruhi kinerja sistem secara keseluruhan. Di sinilah kebutuhan penyimpanan awan atau cloud yang memberikan fasilitas untuk menyimpan semua data yang diperlukan tanpa menggunakan penyimpanan telepon. Selain itu, layanan penyimpanan cloud adalah pilihan tepat untuk berbagi file dan menyimpan dokumen dalam sinkronisasi di antara perangkat yang berbeda. Ini adalah opsi alternatif terbaik untuk perangkat keras penyimpanan lokal untuk menempatkan konten yang diperlukan. Dengan banyaknya pilihan penyimpanan cloud terbaik yang tersedia, menjadi wajib untuk memilih dengan bijak yang menawarkan solusi penyimpanan cloud yang murah atau bahkan gratis dan juga menjaga data tetap aman. Berikut adalah daftar pe