Skip to main content

Apa Itu Blogger ? Kelebihan Dan kekurangan Menggunakan Blogger

Sebelumnya artikel ini saya tujukan buat yang masih newbie( masih baru) dalam dunia blogging , sebagai sebuah pilihan untuk menggunakan Blogger , sebenarnya kelebihan dan kekurangan nya itu apa saja sih . 





Blogger Google adalah alat penerbitan weblog gratis Google yang memungkinkan orang membuat blog gratis di blogger.com dengan menggunakan akun gmail mereka. Ini adalah alat penerbitan weblog pertama yang gratis yang menyediakan free space ( ruang kosong  )untuk blog dengan bandwidth tak terbatas serta fitur untuk menguangkan blog Anda secara gratis. Di blogger.com, Anda dapat membuat blog gratis Anda sendiri yang memiliki waktu hampir 95%, menulis apapun jumlah posting, embed sejumlah foto dan video YouTube, menyesuaikan template blog anda, menguangkan blog anda dengan iklan kontekstual seperti adsense dan dengan iklan affilated dan lebih banyak fitur dll.


        Jumlah template blogger dan fitur editing html memungkinkan Anda mengubah blog Anda seperti blog Fotografi, blog Majalah, blog Video, jurnal online atau ke jenis blog yang Anda inginkan. Dalam satu kata kita bisa mengatakan blog yang di-host di blogger tidak hanya bisa diandalkan tapi juga tahu untuk kegunaannya. Inilah alasan utama mengapa jutaan orang relly (mengunakan)  blogger untuk blogging. Saat ini, banyak perusahaan populer menggunakan platform google blogging untuk mempublikasikan blog mereka.



Kenapa Blogger ?


Kalau kita  membandingkannya dengan situs penerbitan weblog gratis lainnya seperti wordpress.com, blogger Google adalah pilihan pertama orang-orang yang mencari platform blogging gratis yang memungkinkan mereka menciptakan sejumlah blog gratis, memberikan bandwidth tak terbatas untuk fitur gratis dan terpenting adalah memonetisasi (yang artinya merubah atau mengelola  blog yang semula hanya sebagai ajang menulis dan berekspresi menjadi media untuk mencari uang)blog dan menghasilkan uang dengan itu.

Dengan kata-kata yang lebih sederhana, Anda bisa melakukan semua hal seperti alat penerbitan weblog gratis lainnya, misalnya, membiarkan Anda menambahkan JavaScript, kode html pihak ketiga, Anda dapat mengedit atau memperbarui kode template Anda, membuat cadangan blogger blog atau blogger blog template dalam satu klik, optimalkan posting blog anda untuk SEO dll.

Blogger Google memungkinkan anda memilih nama subdomain gratis untuk blog yang memiliki .blogspot.com sebagai sub domain seperti www.pramudyadh.blogspot.com saya. Ini juga membiarkan pemilik blog memarkir domain tingkat atas ke blog blogger mereka dengan bantuan fitur yang dikenal sebagai "Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda" (pihak ketiga disini maksudnya kita dapat merubah domain sesuai keinginan kita dengan cara membeli domain berbayar ). Untuk mempelajari lebih lanjut tentang blogspot blog (blog Blogger) lihat di bawah pro dan kontra  dari blog google blogger yang akan membantu Anda memutuskan apakah google blogger itu cocok untuk anda atau tidak.


Jika anda baru mengenal blog maka anda akan menemukan hander blog dan nyaman digunakan, semua fitur di blogger dibuat sangat mudah dimengerti sehingga bahkan orang yg baru pertama kali mengunakan blogger pun dapat dengan mudah dipelajari dalam jangka waktu 1 hari saja

Apa saja kelebihannya Blogger 
# 1 Bandwidth tak terbatas - Bisa menghasilkan banyak lalu lintas

Blogger Google menyediakan free unlimited bandwidth untuk setiap blog yang anda buat di blogger / blogspot. Disini kata "Unlimited" berarti bahwa situs Anda dapat menangani jumlah lalu lintas atau jumlah pengunjung yang besar dengan uptime hampir 95% yang hampir tidak mungkin dengan situs penerbitan weblog gratis lainnya. jadi lalu lintasnnya ( trafik) aman mau seberapa bnyak juga pengunjung blog anda tidak akan down , yaiyahlah pakai server google , kira-kira seperti itu

# 2 Posting menulis menjadi mudah dengan editor wysiwyg

Dengan editor blogger Google wysiwyg, (WYSIWYG adalah singkatan dari What You See Is What You Get (Arti : Apa Yang Anda Lihat Adalah Apa Yang Anda Dapatkan). Istilah ini digunakan dalam perkomputasian untuk menggambarkan suatu sistem di mana konten yang sedang disunting akan terlihat sama persis dengan hasil keluaran akhir, yang mungkin berupa dokumen yang dicetak, halaman web, slide presentasi, atau bahkan pencahayaan untuk acara teater .Wikipedia.)
seseorang dapat menulis posting blog dengan mudah, mengunggah dricki video ke youtube dan gambar ke pissasa tanpa meninggalkan jendela pos. Ini membantu menghemat banyak waktu Anda yang dapat Anda gunakan untuk menulis konten yang hebat.

# 3 Setup Custom Toplevel Domain di Blogger

Blogger Google membiarkan pengguna mereka mendaftarkan nama subdomain gratis untuk blog Anda dan juga memberikan pilihan untuk Setup Custom Toplevel Domain di Blogger dengan mudah , kalo untuk cara setingnya saya belom nulisnya sih karna saya sendiri juga masih pake domain bawaan blogger hehehehhehe.
 

# 4 Biarkan Anda menambahkan kode html / javascript pihak ketiga.


Salah satu pro blogger terbesar dari platform blogging lainnya adalah Anda dapat menambahkan kode html / javascript kustom di blog blogger Anda. Ini memungkinkan Anda memonetisasi(tadi sudah dijelaskan artinya) blog Anda dengan iklan konten dan iklan afiliasi secara gratis.


# 5 Buat 100 blog.


Dengan satu profil blogger atau gmail id anda bisa membuat maksimal upto 100 blog secara gratis.


# 6 Backup BlogSpot blog di klik.


Seperti platform blogging gratis lainnya, blogger Google alias Google blogspot membiarkan Anda mendownload template blog blogger Anda dan keseluruhan konten blog termasuk posting blog, halaman dan komentar dll hanya dalam satu klik sebagai arsip file. file disimpan dengan format XML 


# 7 Mengimpor template BlogSpot blog dengan sekali klik.


Anda bisa mengimpor blog lama ke blog yang ada dengan sekali klik dengan menggunakan fitur blog impor dan juga membiarkan Anda mengimpor atau mengunggah template blogger khusus untuk mempercantik blog Anda., ini samahalnya seperti membackup tadi juga 


# 8 Optimasi mesin pencari blog


Anda bisa mengoptimalkan blog blogger Anda seo dengan mengatur Meta tag, meta description dan custom robots.txt. Ini juga memungkinkan Anda mengoptimalkan deskripsi deskripsi posting blog Anda dengan mengaktifkannya dari pengaturan blog.


 # 9 Blog pribadi di blogger


Di blogger Anda bisa membuat blog blogger pribadi dengan memanipulasi beberapa fitur blogger seperti Privacy, robots.txt dan blog reader. Begitu blog dibuat pribadi maka hanya penulis atau pembaca yang diundang yang bisa mengaksesnya. jadi kayak buat konten dewasa juga bisa , karna sering juga kita buka blog orang yg memang di khusus kan untuk dewasa saja pembacanya kan .


# 10 Fitur Ketersediaan HTTPS


Jika Anda menggunakan nama subdomain blogspot maka Anda memiliki opsi untuk beralih ke Https untuk koneksi terenkripsi dan lebih aman. dan menurut kabar yg saya terima untuk blogger  sudah support SSL HTTPS gratis untuk pengguna domain khusus (top level domain/TLD ).


# 11 Blog Portability.


Anda bisa Mentransfer seluruh blog anda termasuk template blog dan posting blog ke blog lain dengan menggunakan backup blog blogger dan backup template. jadi sebelumnya saya sendiri juga sudah pernah mengunakan fitur ini , yaitu transfer postingan artikel dengan cara yg sangat mudah dari blogger lain 


# 12 Undang Penulis.


Di blogger, pemilik Blog bisa mengajak maksimal 100 penulis ke blog Anda dengan menggunakan id email, Penulis di blog bisa menulis dan mengelola hanya posting mereka.
jadi kamu tetap bisa menjadi admin sendirian dengan penulis yg kamu undang atau kamu bayar untuk nulis di blog kamu .


# 13 statistik lalu lintas Blogger


Ini memungkinkan Anda memeriksa blog Anda setiap hari, mingguan, tampilan halaman bulanan, sumber lalu lintas dll dari dasbor blogger itu sendiri , kalo untuk statistik pengujung blog terkadang suka ngga tepat sih yah , itu makanya banyak penguna blogger , pakai jasa pihak ketiga kalo mau lihat statistik pengunjung blog , contohnya mengunakan Histats seperi saya sebagai widget tambahan. 



Kekurangan Blogger

Blogger memiliki banyak pro sebagai platform penerbitan weblog gratis tapi tetap saja ada beberapa kekurangan yang mengurangi popularitas di kalangan blogger seperti Anda tidak bisa mengunggah file pdf, file Txt dll. Inilah alasan utama mengapa orang beralih ke blog wordpress yang di-host sendiri. Fitur terbatas blogger tidak membiarkan Anda mengendalikan blog sepenuhnya seperti yang bisa Anda lakukan di blog yang di-host sendiri. Pada comaparing dengan platform blogging gratis lainnya, hampir tidak ada sedikit kontributor dari blogger. ini adalah

#1.Terikat dengan peraturan gOOgle

Ini sih hal yang cukup wajar juga, kalo sebagai penguna blogspot atau blogger yah harus ikut aturan dari blogger juga , karna blogger adalah milik google , pihak google juga ngga segan segan untuk menghapus blog yang melanggar aturan yang dibuat olehnya sebagai contoh pada tahun 2014 lalu blogger melakukan pembersihan habis habisan untuk blogger yg melanggar aturan 

saya juga sebagai salah satu korban dari program pembersihan ini , padahal blog saya sudah berumur cukup lama dari 2009 yah saya juga menyadari ini kesalahan saya sendiri , karna saya sendiri juga sering menulis konten yg berbau dengan dunia underground (atau lebih songongnya hacker,) jadi isi postingannya saat itu memang berbagi cara membobol and ngepost akun email and passwood medsos hasil hack akun orang lain , dan berbagai hal ilegal lainnya , yah waktu itu saya memang tergila gila buat jadi hacker wkwkwkkwkwk, alay sih yah kalo dibayangi dulu .

# 2 Menghapus blog blogger Google

Menghapus blog di blogger tidak seperti anda tekan tombol "delete" dan blog hilang selamanya. Blog bisa dinonaktifkan saat Anda menghapus tombol namun membutuhkan waktu 90 hari untuk penghapusan sepenuhnya blog. sebagai contoh yah terkadang link blog terdahulu masih ada saja di pencarian google meski kita sudah menghapus blog secara permanen (ini menurut pengalaman pribadi.


oke itu dulu cerita ngga penting dari saya, panjang amat yah kan ,, maaf kalau beberapa kata terlalu formal untuk dibaca , kalau masih ngga ngerti dengan istilah istilah lainnya kamu bisa cari kok di google 
Terimakasih , mohon berikan komentar nya yah 



Comments

  1. Ku juga pakai blogger.. Keuntungan dan kelebihannya masih banyakan kelebihannya ya kak? :)

    ReplyDelete
  2. Semakin jelas tentang seputar blogger

    ReplyDelete
  3. Saya juga cukup nyaman memakai blogger, nyaman banget, easy use 👍, beberapa teman sy sarankan ke blogger, krn memang benar cukup 1H bisa ngeblog

    ReplyDelete
  4. semakin tau tentang blogger ane, terimakasih
    solder uap

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih telah membaca tulisan ini. Berkomentarlah karena ingin, bukan cuma basa-basi biar dianggap udah blogwalking.

Quote :Yoga Akbar Sholihin

Popular posts from this blog

5 Ex - Member AKB48 Yang Jadi Bintang Jav (Profil)

Sedikit mengecewakan sih memang , kalau idolamu malah terjun ke dunia jav , tapi memang banyak faktor yg menyebabkan ini , mungkin salah satunya karna bayaran yg lebih tinggi dari pada harus jadi idol grup , atau mungkin karna banyaknya member yg ngebuat persaingan semakin ketat , alhasil ada beberapa member yg tidak mendapatkan tempat yg dia inginkan , seperti ada dinding yg cukup tinggi di depan member member idol ini , ada ratusan member yang berada 48 grup , dan ngga mungkin semuanya bisa berada di depan , banyak yg sudah menyerah akan hal ini , bahkan malah banting stir buat jadi bintang porno dijepang , jadi siapa saja kah mantan member  AKB48 yang terjun menjadi bintang Jav ? ini dia daftarnya saya kasih 5( lima ) saja yah :

Rekomendasi 20 Film Fantasi Terbaik Sepanjang Masa

Film fantasi adalah film-film yang masuk dalam genre fantasi dengan tema-tema fantastik, yang biasanya melibatkan sihir, peristiwa-peristiwa supranatural, mitologi, cerita rakyat, atau dunia-dunia fantasi yang eksotis. Genre tersebut dianggap merupakan bentuk dari fiksi spekulatif bersama dengan film fiksi ilmiah dan film horor. Film-film fantasi sering memiliki sebuah unsur dari sihir, mitos, keajaiban, eskapisme, dan ke-luar biasa-an Untuk masuk ke daftar ini, harus ada semacam elemen magis yang ditambahkan ke cerita, atau dunia yang sama sekali baru yang dibuat hanya untuk film.  Jika ada troll, naga, atau penyihir jahat yang terlibat - atau bahkan ketiganya - maka semuanya akan lebih baik. Ini Hanya sedikit dari film fantasi yang ada dan telah tayang , tapi menurut saya ke 20 puluh film ini adalah yang terbaik senjang masa , film apa saja itu ?

8 Aplikasi Penyimpanan Cloud Terbaik 2019

Terlepas dari kapasitas memori yang ditawarkan perangkat seluler, sangat tidak mungkin untuk menyimpan semua data. Saat saya mengambil banyak gambar, video, dan menyimpan file dari berbagai format file yang memakan banyak ruang. Setelah ruang penyimpanan menumpuk secara otomatis itu mempengaruhi kinerja sistem secara keseluruhan. Di sinilah kebutuhan penyimpanan awan atau cloud yang memberikan fasilitas untuk menyimpan semua data yang diperlukan tanpa menggunakan penyimpanan telepon. Selain itu, layanan penyimpanan cloud adalah pilihan tepat untuk berbagi file dan menyimpan dokumen dalam sinkronisasi di antara perangkat yang berbeda. Ini adalah opsi alternatif terbaik untuk perangkat keras penyimpanan lokal untuk menempatkan konten yang diperlukan. Dengan banyaknya pilihan penyimpanan cloud terbaik yang tersedia, menjadi wajib untuk memilih dengan bijak yang menawarkan solusi penyimpanan cloud yang murah atau bahkan gratis dan juga menjaga data tetap aman. Berikut adalah daftar pe